HSBC Menjanjikan Pembiayaan yang bebas emisi karbon pada tahun 2050

2020-10-14

Oleh: Todd Gillespie October 9, 2020

HSBC menargetkan tercapainya portofolio klien yang bebas gas karbon pada tahun 2050. Hal ini merupakan langkah HSBC untuk menyelaraskan aktivitas bisnisnya terhadap apa yang tertuang di dalam Paris climate agreement.

Bank yang berbasis di London ini sebelumnya mendapat kecaman karena mendanai aktivitas yang berbahaya bagi lingkungan, oleh karena itu HSBC berjanji untuk menyediakan dana sebanyak $1 triliun selama satu dekade kedepan untuk membantu klien/customer dalam mengurangi emisi gas karbon mereka. HSBC juga berkomitmen untuk mencapai bebas emisi gas karbon (net-zero emissions) dalam setiap aktivitas perusahaan pada tahun 2030.

“Saat kita memasuki dekade yang penting, kita memiliki peluang penting untuk mempercepat pembangunan masa depan yang lebih sehat, lebih tangguh dan lebih berkelanjutan,” kata Chief Executive Officer HSBC Noel Quinn. "Ambisi untuk mewujudkan bebas emisi gas karbon menunjukkan komitmen dan dukungan kami kepada klien/customer untuk mempercepat pembangunan ekonomi yang rendah emisi karbon."

HSBC mengikuti langkah JP Morgan Chase & Co. pada hari Selasa lalu, bahwa bank AS menetapkan pembiayaan yang mendukung pebaikan iklim dan merencanakan bebas emisi karbon untuk aktivitas perusahaannya sendiri. Morgan Stanley mengatakan pada bulan September bahwa pihaknya berencana untuk menghilangkan emisi gas karbon di setiap aktivitas pendanaannya pada tahun 2050.

Dalam aktivitasnya, HSBC berencana menuju standar yang “konsisten secara global dan terbukti di masa depan” untuk mengukur proyek “bebas emisi gas karbon” yang didanai dan pergantian kerugian akibat emisi karbon. Langkah-langkah lain yang diumumkan oleh HSBC diantaranya termasuk laporan rutin tentang kemajuan dan jaminan yang akan mendorong kliennya untuk melakukan hal yang sama. Awal tahun ini, HSBC meluncurkan unit manajemen aset senilai $ 1 miliar dengan Pollination Group, sebuah perusahaan penasihat perubahan iklim, untuk mendukung investasi dalam aset alam seperti air, tanah dan udara.

HSBC terus menerus mendapat tekanan dari kelompok aktivis lingkungan setelah memberikan pinjaman senilai miliaran poundsterling kepada perusahaan yang terlibat dalam pembalakan hutan. HSBC menduduki peringkat kedua setelah Barclays sebagai pemodal terbesar di Eropa untuk perusahaan bahan bakar fosil sejak akhir 2015, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. HSBC tidak menyebutkan secara spesifik tentang pembiayaan perusahaan yang melakukan deforestasi atau bahan bakar fosil.

“Komitmen bebas emisi karbon disambut dengan baik,” kata Hana Heineken, Senior Campaign Manager di grup Rainforest Action Network. “Tetapi jika HSBC serius menangani krisis iklim ini, maka mereka perlu menghentikan pendanaan perluasan bahan bakar fosil dan perusakan hutan sekarang. Apa pun yang kurang adalah greenwash. ”

sumber: https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-10-09/climate-change-hsbc-pledges-net-zero-client-carbon-emissions-by-2050

Contact Us